Tim Media Online PIQ Gelar Raker 2017

By Saiful Badri

Tim Media Online PIQ Gelar Raker 2017

Semangat untuk mengelola dan mengembangkan media PIQ terlihat dari antusias peserta Raker Tim Media PIQ 2017 yang berlangsung di graha Bil Qolam Al Markazy Sidoarjo, Ahad (15/01/2017).

Acara dimulai jam 10.00 pagi dengan sesi pertama, pemaparan Roadmap 2017 Media Dakwah Online PIQ. Materi sesi pertama dipaparkan oleh M. Afiful Hashif, alumni yang sekaligus administrator media online PIQ. Dalam pemaparannya, dia menjelaskan lingkup media online PIQ, mulai dari website induk (www.piqsingosari.com) hingga website Yayasan Pendidikan Ilmu Al Quran (www.yayasanpiq.org). Begitu juga channel YouTube PIQ TV, dan sosmed PIQ. Menurut Konsultan TI di salah satu perusahaan di Surabaya ini, pada tahun 2017, media online PIQ akan mengembangkan sayapnya pada live radio dan video streaming. Sehingga diperlukan SDM yang mumpuni. Afif menuturkan, selama ini kita lemah di eksekusi, maka ini masuk dalam target evaluasi dan pembenahan di tahun ini.

Kemudian sesi kedua adalah pemaparan oleh Gus Abdullah Murtadlo. Beliau banyak memberi pandangan dari sisi estetika dan pengemasan suatu media. Artinya media itu tidak hanya menekankan pada konten, tapi kemasan luarnya juga mempengaruhi penerimaan masyarakat terhadap media tersebut. Beliau juga memberikan referensi media-media islami khususnya media pesantren yang sudah dibuat secara profesional.

Sesi ketiga, pemaparan skema media PIQ oleh ustadz Ulil Abshar. Menurut beliau, unsur media ada tiga, Input (sumber media/bahan), proses (penggalian dari sumber media kemudian diproses sehingga menjadi bahan yang siap dipublikasikan), output (hasil publikasi baik online atau offline). Sumber media PIQ sangat banyak, dari instansi pesantren itu sendiri, Kiai, putra Kiai, para ustadz, santri, dan alumni. Potensi inilah yang perlu digali dan dikelola sehingga menjadi khazanah PIQ.

Setelah ishoma, dilanjutkan dengan penyusunan pekerjaan dan pembagian tugas untuk masing-masing jabatan. Sesi ini dipandu langsung ustadz Afandi, ketua Tata Usaha dan sekretaris umum PIQ. Sesi ini berakhir jam 16.00. Setelah istirahat dan sholat Asar, sesi terakhir dilanjut dengan resume dan penutup.

Setelah sholat Maghrib, peserta melakukan kunjungan ke ustadz Nur Yasin Shirotol Mustaqim, seorang alumni yang juga pejabat Kemenag Jatim, di panti asuhan Qurany Nurul Faizah Surabaya. Dari beliau, tim Media Online PIQ mendapatkan motivasi dan arahan tentang IT khususnya terkait dengan media pesantren. Tak hanya motivasi, tim juga mendapat arahan teknis mengenai live streaming dan pemanfaatan SMS Center untuk platform komunikasi antara pesantren dengan wali santri.

Tinggalkan Balasan